Gedung Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT)


Pada mulanya, bangunan ini mempunyai luas 540 m². Namun, dari tahun ke tahun, Wisma Seni ini bertambah bangunan baru hasil pengadaan tahun 2003 s.d 2008 serta tidak menutup kemungkinan masih akan terus ditambah dengan bangunan baru untuk memenuhi perkembangan kebutuhan. Wisma Seni ini disediakan sebagai tempat transit dan atau menginap bagi para seniman dari luar kota Solo yang akan dan atau sedang mengadakan kegiatan di Taman Budaya Jawa Tengah. Di samping untuk tempat transit dan atau menginap para seniman, Wisma Seni ini dapat juga dipergunakan untuk tempat transit dan atau menginap para tamu pada umumnya. Di Wisma Seni terdapat beberapa bangunan seperti Penginapan, Ruang Transit, Pendhapa Alit, Ruang Belajar, Dapur dan Ruang Makan, Kantin, Mushola, dan Gudang. Seluruh bangunan yang ada di kompleks Wisma Seni ini diberi koridor/selasar yang menghubungkan antara bangunan yang satu dengan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesan bangunan terpadu dan memberi kenyamanan bagi pengguna Wisma Seni.

1. Penginapan

Adapun Wisma Seni ini memiliki 18 kamar yang terdiri dari 4 kamar Kelas VVIP dengan fasilitas AC, TV dan KM/WC di dalam  dalam; 11 kamar Kelas Standar dengan fasilitas AC dan KM/WC di dalam; dan 3 kamar Kelas Ekonomi dengan fasilitas AC dan KM/WC di luar. Semua dapat menampung 124 orang. 

  • Kamar Kelas VVIP
  • Kamar Kelas VIP
  • Kamar Kelas Standar

2. Ruang Belajar

Bangunan ini masih satu lokasi dengan Wisma Seni, tepatnya terletak di sebelah timur Wisma Seni. Gedung  ber-AC yang difasilitasi dengan KM/WC dan ruang operator ini memiliki luas + 100 m² dan mampu menampung 80 tempat duduk. Dengan fasilitas yang dimiliki, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat rapat kerja, seminar-seminar, serta pertemuan-pertemuan yang bersifat kedinasan. Gedung pertemuan ini juga dapat digunakan sebagai ruang belajar, presentasi ceramah/workshop, pemutaran film, dan lain-lain.

3. Ruang Makan

Fasilitas lain yang berada di kompleks Wisma Seni adalah dapur dan ruang makan yang memiliki luas 288 m².  Dapur dan ruang makan yang terletak di sebelah timur Wisma Seni dan mampu menampung 100 orang ini disediakan untuk memberikan fasilitas layanan pengadaan konsumsi guna menunjang setiap kegiatan yang diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Tengah, khususnya di Wisma Seni.

4. Kantin

Selain Dapur dan Ruang Makan yang disediakan sebagai fasilitas layanan pengadaan konsumsi untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat isidental, di kompleks Wisma Seni juga tersedia Kantin yang terletak tepat di sebelah selatan atau di depan Pendhapa Alit. Kantin yang memiliki luas 60 m² ini menyajikan berbagai menu makanan dan minuman dengan cara prasmanan.





PEMERINTAH PROVINISI JAWA TENGAH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH


Jalan Ir. Sutami Nomor 57 Jebres
Surakarta, Jawa Tengah
Telepon 0271-635414
Email tbjt@disdikbud.jatengprov.go.id

TWITTER TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH