Antologi Puisi Pendhapa #27 - Di Rumah Kecil Itu, Aku Membaca Ibu


DESKRIPSI

    Taman Budaya Jawa Tengah adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan merupakan unsur pelaksana tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah di bidang pengembangan dan pemberdayaan seni, khususnya terkait dengan pertunjukan dan pameran seni, serta pelestarian seni.

    Panggung Sastra Jawa Tengah hanyalah salah satu subkegiatan dari kegiatan Apresiasi Seni Masyarakat pada program Pembinaan Kebudayaan yang diampu oleh Taman Budaya Jawa Tengah melalui Seksi Pertunjukan dan Pameran Seni. Betapa pun hanya merupakan subkegiatan, keberadaan Panggung Sastra tersebut memiliki peran yang cukup signifikan, terutama dalam hal mendorong minat, bakat, dan kreativitas para penulis Jawa Tengah, baik prosa, puisi maupun esai sastra, sehingga kapasitas dan kualitasnya sebagai penulis senantiasa dapat meningkat.

    Selain itu, perhelatan Panggung Sastra tersebut juga ditujukan untuk memberikan ruang ekspresi dan sosialisasi karya sastra, serta meningkatkan daya  apresiasi masyarakat terhadap dunia kesusasteraan.

    Terdapat tiga bentuk perwujudan Panggung Sastra yang selama ini telah dilaksanakan, yakni berupa penerbitan buku antologi cerita pendek (cerpen) dengan label “seri Joglo”, antologi puisi (“seri Pendhapa”), dan antologi esai sastra (“seri Wacana”). Selain penerbitan buku antologi, Panggung Sastra juga dikemas dengan rangkaian acara pembacaan dan diskusi karya dengan menghadirkan para penulisnya dan beberapa narasumber sebagai pembicara/pembahas karya. 

    Kali ini, Taman Budaya Jawa Tengah melalui divisi sastra pada Seksi Pertunjukan dan Pameran Seni berupaya melakukan kerja literasi (penciptaan/penulisan, pembacaan dan diskusi) dengan menerbitkan sebuah buku seri dokumentasi sastra antologi puisi Pendhapa #27 bertajuk “Di Rumah Kecil Itu, Aku Membaca Ibu” (meminjam judul puisi karya Muhamad Arifin). Buku ini menghimpun 65 puisi karya sepuluh penyair yang telah dipilih melalui kerja kuratorial (kurator Yuditeha). Dan sebagai tindak lanjut dari penerbitan buku ini diselenggarakan pula pembacaan karya dan diskusi yang dihelat pada tanggal 29 Februari 2020 di Taman Budaya Jawa Tengah. 

    Dari penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi para penyair yang terlibat maupun para apresiator yang hadir. Pun diharapkan dapat menjadi bagian kerja dokumentatif agar jejak-jejak literasi tetap dapat dilacak di kemudian hari. Dan tak kalah pentingnya, kegiatan ini sekaligus merupakan wujud pemenuhan dari amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang meliputi pembinaan, pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan seni (sastra) sebagai salah satu obyek pemajuan kebudayaan.

    Akhir kata, terimakasih kepada semua yang telah terlibat dan memungkinkan perhelatan sastra ini dapat terrealisasi.

 Salam,

Wijang J. Riyanto

Taman Budaya Jawa Tengah


DETAIL
Penulis
Penerbit
ISBN
Kategori Buku Sastra
Bahasa Indonesia
Jumlah Halaman 0
Download [Download File]

PEMERINTAH PROVINISI JAWA TENGAH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH


Jalan Ir. Sutami Nomor 57 Jebres
Surakarta, Jawa Tengah
Telepon 0271-635414
Email tbjt@disdikbud.jatengprov.go.id

TWITTER TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH